Minggu, 28 Juni 2009

Sedekah..Wow…Keren Abbbizzz Bo..!!!

Susah, senang, sedih, duka, sakit, putus asa, selalu kita rasakan dan itulah sunatullah. Tidak ada satupun dari kita yang tidak merasakan sedih atau gembira. Karena suka dan duka rata diberikan kepada umat manusia.


KETIKA DUKA DATANG BERKUNJUNG
Hampir bisa dipastikan, ketika datang sedih dan duka kita akan kembali pada agama. Kita mulai kembali membuka lembar demi lembar Qur'an yang mungkin masih baru, karena jarang dibuka sebelumnya. Yang paling banyak dilakukan adalah shalat, dan shalat yang paling sering kita lakukan adalah tahajud,!! Yah tahajud…yang dianggap sebagai kalimat pamungkas untuk menyelasaikan masalah. Ditambah pula dengan berbagai wirid, dzikir dan doa. Semua doa dibaca atau mungkin diminta dari beberapa orang dengan anggapan ada doa “Sakti” yang bisa….sim salabim….semua permasalahan sirna.
Apakah salah!! Tidak !! tidak salah karena hal itu adalah bagian dari kita. Kita akan kembali kepada Allah manakala hati sudah tidak tahu harus bagaimana. Sudah capek akal mencari jalan terbaik…sudah capek bibir mencari solusi bagi diri yang sedang merana.
Ada dua cara yang bagusnya di lakukan oleh kita, atau salah satunya.
Yang satu jalur lambat dan yang satu jalur cepat??

JALUR LAMBAT
Jalur lambat itu seperti shalat, baca Qur’an, dzikir dll. Jadi kalau datang kesulitan, kepedihan jalan seperti ini bisa menjadi solusi penyelesaian.
Loh kok bisa disebut jalur lambat sih??? Emang ada apa dengan shalat tahajud!!
Kan pahalanya besar banget..di Qur’an tuh kan ada ayatnya kalau yang suka tahajud tuh bakal di naekin derajatnya??
Oh iyah nggak salah itu. Cuman yang saya ambil dari segi lainnya.
Pa Tuh? Bahwa shalat itu adalah ibadah termurah??? Maksudnya?
Bahwa ibadah shalat itu bisa dilakukan semua orang. Cowo cukup pake sarung baju trus melek aja malem, jadi deh tahajud. Ada tasbeh atau kagak bace deh dzikir, ada qur’an disamping kebetulan dah bisa baca..yah dibaca aja. Cewe tinggal pake mukena yah udeh jadi tuh shalat.
Tenang hati, Insya Allah tenang….tentrem. Tapi kalau ditanya apakah anda bahagia???? Belum tentu kayaknya!! Apa solusi telah terjawab??? Insya Allah pasti….Kapan? kagak tahu lah!!!
Loh kok bisa ada anggapan kalau solusi itu masih fifty-fifty???
Yah gimana, ibadah itu hanya akan memperkaya amal, tapi belum mau menarik bahagia masuk ke rumah kita?? belum mau silaturahmi ke hati kita?? Belum mau nge-bezuk kalau kita itu sakit??? Lah wong kita cuman ibadah meng-ikutkan raga kita doank!! Apalagi kalau akal dan jiwa kagak ade ilmunya!!!wah semakin pusing aje bawaanya. Kayaknya kalau dah tahajud seminggu ato sebulan…pinginya…sim salabim doa langsung dikabul….dari gelap terbitlah terang…semua masalah berangsur hilang….!!!
Padahal shalat atau doa itu masih nunggu”Confirm” dari Allah, apa diterima atawa kaga??.
Belum lagi diliat tuh orang, dah tobat kagak? Dan bener nggak ibadeh nya? Fikih nye dah bisa belom? Wudhunya pake aturan kagak? Baca Qur’an nya dah tartil belom? Syarat, rukun, en sunnah nya sholat bener kagak? Ape baju en sajadah nya ada najis nda? Dan lainnya…makanya jangan nunggu kalau besok lusa doa bakalin di Confirm ama Allah kalau kita masih belum ada atau belum mau ngisi hati dan akal dengan pengetahuan Islam.
Emang kenapa kalo belum ada elmunya? Yah dah salah duluan!!! Mau apa yang didengerin kalo dah salah dari sononya!!!!

JALUR CEPAT….`!!!!!
Nah ada yang jalur cepat…lu nggak usah mikiran syarat en rukunnya deh. Pokoke You asal ikhlas aja. Apaan tuh?
Sedekah aja mau yatim piatu, fakir miskin, ke masjid atau kemana saja. Ditanggung permasalahan lu beres tuntas. Tapi jangan donk hanya lima rebu kalau you di saku ade lima juta, jangan donk seratus rebu kalo you ada deposito seratus juta. Atawa kalau ngasih bukan uang, jangan donk baju bekas, nasi bekas…yang bagus donk. Masa mau bahagia ngasih baju bekas??
“Loh kok bisa sih??? Lah iyah..you kasih kegembiraan sama orang lain, apa nggak dikira kegembiraan itu bakal nyamperin you, bakal meluk kamu??
Nih lihat dalil-dalinya:

Rasulullah Saw bersabda:

“Shadaqah itu memadamkan (menghapuskan) kesalahan sebagaimana air memadamkan api” [HR. Ahmad dan Abu Ya’la)

“Tak ada suatu hari pun seorang hamba berada di dalamnya, kecuali ada dua orang malaikat akan turun; seorang diantaranya berdo’a, “Ya Allah berikanlah ganti bagi orang yang berinfaq”. Yang lainnya berdo’a, “Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang menahan infaq”.”. [HR. Bukhori Muslim ]

“Berinfaqlah wahai anak Adam, niscaya engkau akan diberi balasan/gantinya.” (HR. Bukhari Muslim)

Saya pernah membaca dalam Media Indonesia (kalau tidak salah) tahun 2008, ada sebuah penelitian tentang hubungan antara memberi dengan kebahagiaan yang dilakukan seorang professor berkebangsaan Jerman. Semua responden dibagi rata uang saku. Kemudian dia membagi dua responden, responden pertama harus membelanjakan uangnya, dan yang kedua sebagian harus diberikan kepada orang lain.
Hasilnya, responden yang menghabiskan semua uangnya merasa kurang dan ingin terus membeli. Sedangkan yang kedua meskipun sebagian diberikan keda orang lain, hati mereka terasa bahagia dan tenang.
Subhanalah….Masya Allah… ternyata 15 abad yang lalu Nabi Saw telah mengindetifikasi bahwa sedekah itu pembawa kebahagiaan dan ketenangan batin.

Dan ini pengalaman pribadi saya sebagai pembimbing ibadah, baik ketika haji maupun umrah. Ternyata orang yang kaya, sukses yang ikut bersama saya rahasianya…mereka searing memberi uang kepada anak yatim, senang membahagiakan orang lain dengan hartanya.
Ada satu orang, sebut saja Mr. X (kisah nyata dan ini teman sekaligus ex jamaah) dia hanya seorang pegawai negeri biasa, dan gajih nya pun tidak seberapa. Tapi setiap bulan dia selalu menyisihkan gajihnya bayar rekening PLN di Mushola dekat rumahnya, dan dia terus membayar pinjaman ke Bank karena apa? Karena ada 2 orang ustadz yang telah dihajikan olehnya. Apa istimewanya? Setiap dia mau haji atau umrah, selalu ada aja orang yang memberi dia uang dan seharga paket umrah…Subhanalloh..Masya Allah

Anda mau bahagia, tentu saja kita mau sukses dan bahagia tentunya. Dan solusinya adalah banyaklah bersedekah…tapi….sssstttt jangan bilang siap-siapa kalau anda telah bersedekah…..wow sedekah tuh keren abizzzz……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar